Saturday, July 11, 2009

Pertemuan dua sahabat

Bismillah

2 Juni 2009,, aku dapat telpon dari simpati area Surabaya,,
awalnya aku hanya menatap layar handphoneku, semoga dia Ya Allah, doaku.
Baru mau aku angkat,, ternyata sudah dia matiin.
Tak lama,, datang sms dari nomor yang sama
'De, ini emha, masih inget ?'

Subhanallah,, benar-benar dia.

Jelang 3 menit,, habis balasanku,, dia pun menelpon..
Cerita-cerita kami,, seperti tak mampu melawan rindu yang hampir 5 tahun..
Nama-nama yang sempat hilang kemudian kami sebut satu-satu,, apa kabar dia,, pengen baso mie biru,, sampai tentang Jidannya (neneknya Emha) yang ternyata sudah almarhumah,, ahhh aku ingat,, tiap kali ke tempat Emha,, pasti dipaksakan minum jamunya,, tapi memang enak plus segar. Jiddan,, begitu kami memanggil neneknya.

Ko bisa dapat nomorku Ma ?,, tanyaku di ujung telpon.

Aku telpon ke rumahmu yang lama,, trus dikasih nomormu yang 085239800288,, ternyata sudah ga aktif,, untungnya ada abangku yang ketemu ma tantemu,, akhirnya dapat nomormu yang baru,, jelasnya lagi..

Alhamdulillah ya Allah,, yup dulu aku memang sempat pindah2,, begitu juga dengan Emha,, 2004 kali terakhir kami ketemu,, itu pun waktu dia ke Jogja.

Emha,, temanku yang masih keturunan Arab,, yang masih menjaga tatakrama,, kalau keluar setelah jam 7 malam mesti didampingin muhrim :)

Karena dia juga aku milih kegiatan menjahit.
Ceritanya,, waktu kelas 2 SMA,, ada kebijaksanaan sekolah untuk murid-murid yang putri yaitu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keputrian selama 1 semester,, seperti menenun,, menjahit,, komputer,, memasak dan satu lagi aku lupa.
Awalnya,, aku melingkari 'komputer',, tapi karena recomended Jiddannya Emha,, akhirnya kami milih menjahit. Yaa,, sebagai orang Arab Melayu (salah satu etnis di tempatku) dia memang terlahir terampil
untuk menjahit dan memasak. Aku ??
Hasilnya,, aku cuma 4 minggu euy di kelas menjahit habis itu pindah ke kelas komputer :)),,
Gimana nggak gitu,, awal-awalnya aku masih betah coz pelajarannya cukup sederhana, misal cara menghitung pola dll,, tapi setelah itu,, kita mesti belajar gunting kain sesuai pola,, menjahit dan bordir..
OMG,, tanganku benar-benar kaku untuk itu,, kain-kain yang kugunting pasti berlarian,, sepertinya mereka ga yakin dengan tanganku :)).

Ya itu sekilas kisah klasik kami..

Diakhir telponnya,, dia berjanji,, Juli ini bakal ke Jogja.

Juli 2009
Pertemuan yang kami tunggu-tunggu itu akhirnya terjadi juga.
Aku ketemu ma Emha,, dengan balutan sweater item,, dia tampak terlihat imut padahal sedang berbadan dua.
Hasil USG-nya perempuan De,, bisiknya bahagia.
Kami pun menuju lantai 4 tempat mereka nginap,, dan subhanallah,, aku disambut seorang lelaki kecil yang chubbynya nge-gemesyiinn banget... Namanya Azfar dan kalau ngomong suaranya ngebass keren,, seperti ada gunungan permen karet dalam mulutnya.. Luchuww bangettt.
'tante temannya Ummah ya ?? nih foto tante ma Ummah di mana ?,, tanyanya sambil menunjuk sebuah foto scan-an di hape.. wuih foto kami berdua waktu di gili terawangan Lombok,, sumpah,, aku terharu biru hhehhe :). Aku kan ga punya foto itu :((

ya,, tak lama,, ada seorang gadis kecil lagi,, mukanya ngangenin,, khas Afghanistan gitu,, ooo yang ini Ghoniaya,, beda 1 tahun dengan d'Azfar.

Setelah lama di sana,, kami berdua ke Malioboro,, melanjutkan cerita sepuasnya,, sempat juga nyoba hunting mie biru,, sepertinya cuma ada di Bima ya hhe *narsis*.
Karena Emha lagi hamil gedhe.. kami cuma dibatasi 1,5 jam oleh suaminya.. ya udah,, akhirnya balik lagi ke hotel.. Sampai sana,, sudah ditunggu ma keluarganya Emha yang laen,, ternyata mereka rombongan,, pas tadi aku belum sempat ketemu mereka.
Keluarga yang hangat :)

Emha,, I luv u full.. *mbah surip mod on*
Trims,, untuk persahabatan kita selama ini..
Semoga Allah selalu menjaganya.


*sayang,, aku ga sempat moto.. coz hapeku mati*








8 comments:

AtieQ Savitri said...

Semoga persahabatannya abadi ^_^

Lina farida said...

Subhanallah...teman lama...

Fitria Amathonte said...

semua orang datang dan pergi..sahabat selalu dihati
ehhehee

intan aja said...

jiyeeeeeeeeeeeee..kyukyu..

ade mataho said...

amiiinn

ade mataho said...

ya mba..

teman SMA

ade mataho said...

yupz,,

ade mataho said...

hhhehehehehe