Thursday, November 5, 2009

Rute ke Dompu

Bismillah ^^

lagu mas Michael Buble *Home* mengalun lembut,, mengingatkan kenangan pulang Maret 2009.
waktu itu, aku pulang dengan E*ith *adek sepupu* dan mamanya E*ith.

singkat cerita, perjalanan kami tempuh sehari semalam
jam 6 pagi, via udara dengan rute Jogja-Surabaya, transit di sana 4 jam dan terbang lagi jam 11 siang dari Surabaya ke Mataram selama 45 menit.. sampai di bandara Selaparang, jam sudah menunjukkan 13.. WITA (selisih 1 jam).

dari bandara Selaparang kami langsung menuju terminal bis Mandalika (terminal induk di NTB) untuk menumpang bis rute Mataram-Dompu..
di sana sudah ada beberapa bis AC-NonAC menunggu,, dan kami dapat bis LANGSUNG PRIMA.. bis dengan kapasitas 45 orang.. AC ekeskutip.. *sama aja ding*
tepat jam 15.00, bis itu pun meninggalkan kota Mataram ..
perhitungan kami saat itu, sampai Dompu insya Allah jam 2 pagi, coz jarak Dompu-Mataram ada 11 jam kalau mau ke Bima nambah 2 jam lagi :)

sekitar jam 17-an, bis itu sampai di pelabuhan Kayangan, gerbang utama selat Alas, selat yang memisahkan pulau Lombok dan pulau Sumbawa (Sumbawa, Dompu, Bima),, liat peta buuu.
waktu menuju kapal, aku sempat ketemu bidan Sri, mamanya Mimi *tetanggaku waktu kecil* dan beliau sempat bilang kalo bakal ke rumah balikin kursi plastikku hehe, kursi berwarna kuning saksi hidupku dari zaman aku lahir *_*

lanjut..
penyebrangan dengan kapal Ferry membutuhkan waktu 4-5 jam..
dan sudah jadi kebiasaan, aku ga pernah bisa duduk manis di kapal,
biasanya berkeliling.. menikmati semilir angin di geladak ,atau kalau dapat ijin masuk di ruang nakhoda. Dan malam itu, aku dapat dua-duanya kawans...
bersama E*ith, kami duduk di geladak yang paling atas menikmati angin malam dan ngobrol dengan rombongan turis Kanada yang mau ke Lakey *pantai surving di Dompu  yang ombaknya sangat terkenal hhehe*. Like this !!.

Jam menunjukkan angka 20.15 WITA dan kami sudah sampai di pelabuhan Poto Tano, pelabuhan di pulau Sumbawa. Bis kami pun keluar, menapaki jalan darat, namanya jalan lintas Sumbawa yang membawa kami sampai di Dompu dan Bima.
perjalanan yang berawal manis itu tiba-tiba menjadi tak enak, bis kami mogok di daerah hutan Alas (20 menit setelah pelabuhan Poto Tano).
sampai jam 12-an malam, kami masih di situ. Alhamdulillah bisnya bisa jalan lagi dan sampai di rumah makan Sumbawa sekitar pukul 4 pagi (kalau perjalan normal, jam segitu mestinya sudah bisa sampe Dompu). setelah makan dan cuci muka, kami pun melanjutkan perjalanan lagi dengan bis yang baru bukan bis tadi.
eh malang tak dapat ditolak, malah bis baru ini lebih ngadat lagi.. selama perjalanan, bisnya cuma bisa merangkak.. pelan dan tambah pelan.. sampai kami yang di bis pun tertawa geli.. OMG,, ko bisa seperti ini hehehe *untungnya ga ada yang marah marah lho...*
yang lebih mengerikan, kalo sudah lewat jalan tanjak dan bisnya cuma bisa merayap perlahan.. dan bibir kami sudah komat kamit dengan doa masing-masing :D.
jam sudah menuju angka 6 pagi, kami belum sampe jalan perbatasan Sumbawa Dompu..
masih jauh....
akhirnya, kami sms keluarga di rumah untuk menjemput kami di Nangatumpu *teluk perbatasan Sumbawa - Dompu*
alhamdulillah, sekitar jam 11 siang.. jemputan yang kami tunggu pun datang.. horeee
setelah say gud bye dengan para penumpang di bis, kami bertiga pun langsung meluncur ke mobil EA 63** C itu..

karena merasa udah kumel banget, aku ma E*ith minta ijin pengen nyebur dulu di Nangatumpu. tapi ga diijinin ma om Ma*an coz jalan ke sananya rada jauh..  'kita mampir aja di rumah makan sekitar nanga tumpu', usul omku.

siipp..

dan kami pun mampir di RM. Putr* Nanga Tumpu, usut punya usut ternyata siempunya masih sepupuan ma ayahku.. jadilah kita dapat potongan full alias gratis.. makan ikan bakar asli lautan nangatumpu dan nyebur di lautnya yang indah..
pantainya kereen buat narsis-narsis :)),, sayang foto-foto itu ada di hape Ewith *hapeku saat itu sudah terkapar tak bernyawa euy*

setelah menghabiskan waktu 2 jam di Nangatumpu, kami pun menuju Dompu lagi..
Alhamdulillah, sampai rumah sekitar jam 3 sore dan langsung disambut dengan air dingin nan menyejukkan.
Lucunya lagi, pas di jalan Soriutu *jalan lintas Dompu* kami masih sempat papasan dengan bis yang kami tumpangi tadi,, ya Allah sampe Bimanya pasti sekitar jam 7 malam hehehe.

begitulah..

oya ini sedikit info rute buat yang mau k NTB plus ongkosnya,, tapi semua dari Jogja ya ^^:
bis:
Safari Dharma Raya, Jogja-Mataram sekitar 360-450 rb terus dari Mataram ke Dompu 120-150 ribu kalau mau ke Bima nambah 20-30 ribu.

pesawat :
Lion atau Batavia (Jogja-Mataram kisaran 600-750rb), kalo udah di atas itu disaranin jangan diambil,, tunggu pas turunnya lagi hhe
trus kalo mau lanjut perjalanan udara sampe Bima, bisa nyediain duit tambahan 350-500ribu.

sebenarnya ada perjalanan yang lebih murah,, via jalan darat, estafet dan ini cocok buat backpacker.. bisa hemat 200-300ribu.
caranya..
dari Jogja-Surabaya naik kereta ekonomi *30-an rb*,
lanjut pake bis ke pelabuhan Ketapang *25-rb*,
ongkos naik kapal *14-rb*,
pelabuhan Gilimanuk ke terminal Ubung ?? Denpasar * 30-an rb*
terus dari terminal ke pelabuhan Padangbai sekitar 35 rb
lanjut lagi naik kapal Padangbai-Lembar *25-rb* lebih mahal coz sekitar 6 jam..
dari Lembar banyak pilihan kendaraan mau menuju pantai Senggigi atau terminal Mandalika .. tarif sekuat-kuat kita nawar aja..
nah kan,, lumayan bisa hemat ongkos..

untuk info penginapan dan tempat makan,, sebenarnya bisa lebih hemat lagi kalo kita sudah punya teman di sana.. atau tipsnya: jadi tamu yang baik deh.. yang cowok make peci, yang cewek make jilbab rapi.. dijamiinn hehe

tambahan:
buat tarif bis 360-450,, harga maksimal *450* hanya terjadi kala tuslah saja.

jalan darat, selain lebih hemat.. asyiknya lagi kita bisa nikmatin alam Indonesia yang begitu indah..
mulai dari rimbunan jati, pasir putih di jawa timur, lautan selat bali, pura dan keindahan alam Bali, kota 1000 masjid Lombok, bersentuhan dengan budaya masyarakat Sasak dan Sumbawa, menikmati indahnya lampu-lampu nelayan Sumbawa di tengah malam, *like this* ato sunset di Nangtumpu *indah,, jujur ini sunset terindah yang pernah aku lihat*.. pas di sini.. jangan sampai tidur kawans.. kita bisa melihat indahnya matahari senja... sempurnaaaaaaaaa banget.

biasanya,, pak supir pun sudah tahu.. beliau suka melanin jalan bisnya..
dan kami pun *banyakan pelajar/mahasiswa yang pulang mudik/setting pas lebaran* sudah standby dengan kamera pocket atau hp seadanya.. menikmati dan mengambil gambar dibalik rimbunan pohon dan pantulan cahaya dari laut.. terkadang,, bila sudah hampir maghrib.. kami menunggu buka di sini.. *aku pernah ngalaminnya :)*.. unforgetable moment !!
buka puasa di pinggir tebing, dengan suguhan pemandangan laut dan lengkungan pasir putih yang terhampar luas bersama matahari senja yang kuning keemasan.. indah.

yup,, itu sedikit cerita tentang NTB :)

ayoo kapan ke sana..
kalo suka dengan bahasa dan budaya..
ada banyak ragam yang kita lewatin sampe Dompu dan Bima ^^,, bahasa Jawa ala Solo, ala Ponorogo.. Bali.. Sasak.. Sumbawa.. Taliwang.. bahasa Bima dengan dialek Dompu, Sila dan Bima asli :)

kalembo ade ^^

*2 gambar di atas,, gambar nanga tumpu*

Ijuf Mar said...

sip! jazakiLlah khair sharingnya ya Ade
ijin copas ^^

azis rizki said...

seruuu

makin kangen rumah ya mb? :D

waiyyaki mba...

sipp
monggo ^^

hehehe

lagi pengen nulis Qii
ada yang tanya rute soalnya
ya udah deh nulis di sini,, walo bukan kek catatan para travelers,, smoga bs bermanfaat buat orang banyak *berasa baca UUD*

Wicak yuhuuu said...

Naek bis mah pusing..

ah tapi seru..
coba ade diijinin,, pengen ngebis dari jogja mpe dompu ^^

Fitria Amathonte said...

thnks infonya

mampir2

ayuk tulis pulaumu yang indah buu

Fitria Amathonte said...

hheee..mantap insya Allah
soalnya dah lama ga pulang
rada ga tau brp hrg tiket

oke oke
ic

ayuk.. hunting harga tiket hhe