Monday, December 28, 2009

berkuda, memanah dan berenang

Bismillah ^^

Ajari anak-anakmu: berkuda, berenang dan memanah
kalimat yang pernah diungkapkan oleh seorang Umar bin Khattab RA dan menjadi motivasi buat ayahku dulu untuk terus mengajarkan kami (anak-anakny) mengenal ke 3 ketrampilan itu. sayang, kami ga cukup menguasainya :). ternyata kalo ditilik lagi, manfaatnya sungguh baik buat tubuh ya...

1. berkuda
Rasulullah pernah bersabda; lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).
ternyata dalam ilmu kesehatan modern, menunggang kuda itu sangat banyak manfaatnya buat tubuh manusia, dari kepala hingga kaki, baik fisik maupun mental.
karena, bentuk lekuk badan belakang kuda, tempat joki duduk, bisa merawat segala macam masalah tulang belakang manusia.
semasa pergerakan galloping (gerak rentak kuda) itu seperti merangsang syaraf-syaraf tulang belakang, mampu memijat secara baik, konon katanya pemijat profesional pun bisa kalah.
selain itu, dengan berkuda kita, bisa menyehatkan mata, ada rangsangan pada syaraf kranial *orang kesehatan bisa jelasin lebih detail :)*

2. memanah
seperti sabda Rasul SAW tadi, memanah menjadi sebuah kegiatan yang cukup penting juga
melatih pertahanan diri, kosentrasi dan latihan menstabilkan emosi.
ada semacam kesatuan yang holistik buat fisik dan mental ketika seseorang melenturkan anak panah dan melepasnya dari busur..
selain itu,, dalam sabdanya yang lain, Rasulullah juga menekankan bahwa memanah adalah sebaik-baiknya olaharaga *ada yang inget hadistnya ??*

3. berenang
renang..
ini unik. seorang Umar bin Khattab mencantumkan renang sebagai salahsatu olahraga yang dianjurkan.. padahal kalo dipikir-pikir.. betapa keringnya Arab tempoe doeloe. air cukup buat minum dan kebutuhan kebutuhan primer lainnya.
tapi subhanalloh, Umar sudah menyadari bahwa dengan renang, umat muslim bisa  'menguasai dunia', karena memiliki kekuatan fisik yang lebih juga bisa menyelamatkan diri dari terjangan banjir, kapal karam atau tsunami sekali pun.
dan ditilik dari ilmu kesehatan, renang juga bermanfaat banyak, selain menjaga stamina, bisa melatih otot otot tubuh, juga melatih jantung dan paru-paru bekerja secara lebih efisien.
hmm.. habis renang pasti berasa sehat banget kan :)

berkuda,, saat sekarang konteksnya bisa dengan mengendarai sebuah kendaraan walopun manfaat kesehatannya ga sedahsyat kuda... tapi bisa mengefektifkan waktu yang kita punya *padahal daku ga bs bawa motor... jalan kaki saja...*
waktu kecil, aku pernah diajarin berkuda di Kempo (salahsatu kecamatan di Dompu), tapi ga cukup berbakat :))

memanah,, mungkin karena judulnya mempertahankan diri.. ga berarti mesti belajar manah kan ?? bisa juga dengan olahraga semacam wushu, karate atao anggar :)
seingetku, aku pernah dikenalin sama seorang Papi Timor (kami memanggilnya begitu), beliau pengajar memanah kami, sayang kurang berhasil juga :D

berenang,, yang ini masih bisa kita lakukan.. kolam renang sudah banyak tersedia, bahkan ada juga yang menyediakan kolam renang khusus wanita :)..

so... ayo berolahraga :D

*kalemboade*

4 comments:

Lina Komarudin said...

berkuda dan memanah yg blm teh pelajari..
^^

Fitria Amathonte said...

pengen banget masuk klub memanah dari dulu tapi sayangnya di Indonesia susah
ya udah ke taekwondo aja
ahahha

ade mataho said...

ayoo teh belajar bareng :)

ade mataho said...

deuh keyennn yang bisa taekwondo n wushu... :P