Thursday, February 11, 2010

Guru kehidupan ^_^

Guruku,, comment ca va ?

Sudah berapa banyak guru-guru yang hadir dalam kehidupan kita? Sepertinya sudah sangat banyak, dan mereka selalu memberikan yang terbaik dalam hari hari kita. Kadang kita terlupa dengan mereka, tapi yakinlah setiap kata mereka, jejak hari mereka, terekam baik dalam memori kita.

Guru TK-ku, aku biasa memanggil beliau Ibu Guru Diana, beliau adalah guru pertama yang aku kenal. Aku ingat, aku selalu datang lebih awal karena TK-nya tak jauh dari rumahku, hanya 20 meter, sekarang TK itu sudah roboh karena gempa Dompu tahun 2007. Masa masa itu sepertinya masa penuh bahagiaku, dengan TK yang sungguh ber-bhinneka tunggal ika, aku ada teman dari Aceh, Padang, Semarang, Bali, Makassar dan Kupang. Dan kegiatan kami tiap harinya adalah bermain, mulai dari prosotan, ayunan, kuda kuda-an, atau memasang buah di pohon buatan *aku suka yang ini*. Pelajaran lainnya adalah menyanyi, aku suka lagu naik naik ke puncak gunung, lihat kebunku dan sipatu gelang *lagu penanda pulang hehe*. Kalau kami mentas, bu guru Diana adalah sosok kreatif di belakang layar, dia dengan segala upayanya memaksimalkan semua barang yang ada sehingga jadi atribut kami buat performance. Aku ingat, waktu itu ada perlombaan 17 Agustusan, dan kami mau menari *aku, eli, putu, inong, carolina, ….. ??*, salah satu alatnya adalah gelang holipop tapi yang berukuran kecil. Hehehe bu Diana mencari rotannya sendiri, trus memanggil bapak tukang anyam dan minta dibulatkan sesuai dengan ukuran yang bisa kami pegang. Bapak itu pun bekerja di halaman TK dan praktis jadi tontonan kami, para bocah ulung *ingat jeng Tari *. Habis itu, kami menghiasi lingkaran rotan itu dari kertas warna warni, dan hasilnya, indah.. Malam perlombaan kami begitu senang, tarian kami juara 1 .


Lain lagi dengan saat SD

Di sini aku mengenal seorang guru yang begitu sabar, sederhana, dengan rambut panjang yang disanggul mungil. Namanya Ibu Masni. Beliau guru SD pertamaku atau pengajar kelas 1. Walau pada dasarnya sudah bisa membaca di saat TK, tapi untuk gaya tulisan, aku cukup mewarisi Ibu Masni, terutama huruf O, angka 0 dan 8, dan itu sampai sekarang *kata mamaku gitu*. Kabar terakhir dari beliau adalah satu kakinya diamputasi dan terpaksa mengajar dengan kruk karena jadi korban kecelakaan bis waktu tahun 1999. Hmm aku gag pernah bertemu beliau sejak beliau pindah waktu aku kelas 5 SD.

Di SMP, bisa dibilang aku terpesona dengan beberapa orang guru.

  1. Guru BK-ku, pak Ruslan.. guru BK sejati deh

  2. Guru Fisika, pak Nurhilim, aku suka cara ngajar beliau, cerdas, bisa mengemas Fisika menjadi pelajaran yang tidak terlalu membingungkan buatku yang bukan orang eksak. Bisa dipastikan, karena beliau aku bisa jatuh cinta dengan Fisika.

Di SMP berikutnya, aku pindah SMP kelas 2. Aku menemukan beberapa guru yang lain lagi.

  1. Pak Ikbal, guru matematika, Pembina KIR kami tercinta

  2. Ibu Ayu, guru biologiku, ohh biologiku selalu bagus dengan beliau ini, thx buu

  3. Pak Urip Subekti, wali kelas dan guru bahasa Inggrisku. Aku ingat support beliau begitu berarti ketika aku gugur pada tes terakhir sebuah SMA semi militer di Ma*elang .

Saat SMA lain lagi. Begitu banyak guru yang menyenangkan buatku di sini.

Sosok pertama yang mengisi hatiku adalah pak Hasto Pancoro, guru Fisika-ku, lulusan sebuah institut teknik di Bandung. Aku ingat ketika beliau mengisi materi ‘Esensi siswa SMA’ saat MOS angkatanku, kesan pertama begitu menggoda. Perkenalan singkat waktu itu, aku menanyakan nama beliau. Ok, dek Ulfah ya *tahu dari badge-ku*, nama saya ingat waktu anda tertawa saja, HA HA STOP.. jadi kalo tertawa bisa langsung dibatasi, sambil menulis namanya di papan; HASTO P. Minggu depannya, beliau masuk kelas kami sebagai pengajar Fisika, wow.. aku bertemu guru Fisika keren lagi.. setelah 2 tahun aku sempat kehilangan figur pengganti pak Nurhilim. Kesanku tentang beliau, saat mengajarkan Fisika sangat mudah sekali, tapi kalo sudah bertemu soal, 1 nomor bisa 2 ½ halaman folio hahahaha. Yang aku ingat quote beliau adalah, manusia itu ada 4 jenis, tahu bahwa dia tahu, tahu bahwa dia tidak tahu, tidak tahu bahwa dia tahu dan tidak tahu bahwa dia tidak tahu.

Sosok lainnya adalah pak Syafruddin, guru Bahasa dan Sastra Indonesia-ku sejak kelas 1 hingga kelas 3. Ya ampun, aku seperti bercerita dengan ayahku sendiri. Beliau yang membuatku kembali jatuh cinta dengan sastra lama, melahap buku buku NH Dini, Marah Rusli, Taufik Ismail, Motinggo Busye dll. Beliau juga yang memupuk keyakinanku untuk memilih jurusan bahasa, walaupun bukan bahasa Indonesia. Sampai sekarang aku masihh berkomunikasi dengan beliau.

Di bangku kuliah, adalah pak Budi Setiawan, dosen sekaligus PA-ku, pengajar Initiation a la Linguistique. Beliau, sosok yang sungguh low profile, aku masih bisa menghubunginya kala bingung dengan tugas-tugas, jam berapa pun. Satu lagi, beliau sangat men-support apapun kegiatan anak didiknya sepanjang itu masih dalam koridor yang positif, tak jarang aku bercerita dengan beliau tentang KAMMI, BEM atau Hima yang sedang aku ikutin. Sosok yang sangat jarang aku temui di jurusanku. Aku ingat, waktu itu dia menghubungiku Kamis sore, minta diumumkan ke teman teman angkatanku bahwa Jum’at jam 9 pagi ada KBM tambahan matakuliah beliau. Dan Jum’at pagi KBM-pun terlaksana dengan setumpuk tugas dari beliau. Sore, masih di hari Jum’at, aku bersama 5 teman kelasku mengerjakan tugas beliau di kamar kosku. Tiba-tiba ada sms masuk dari kakak kelas, ‘Innallillahi wa inna ilaihi roji’un, telah berpulang ke Rahmatullah dosen kita monsieur Budi Setiwan karena serangan jantung tadi siang’. Seolah tak percaya, aku membacakan itu pada teman temanku, ga mungkin.. kami semua gag percaya, betapa tidak, saat itu kami sedang mengerjakan tugas beliau. Untuk memastikannya, aku coba menghubungi ketua jurusanku, Madame Alice, dan jawabannya ‘iya benar, sekarang kami sedang takziyah, kabarkan ke mahasiswa yang lain’. Innalillahi.. kami pun sholat gaib bersama dan keesokan harinya menuju rumah beliau. Selamat jalan Pak, masih banyak yang ingin saya pelajari dari Bapak, semoga Bapak tenang di sana. Amin..

Selain di sekolah formal, aku punya 1 orang guru kehidupan yang begitu sangat sabar. Seorang gadis *waktu itu* dari Pontianak Kalimantan Barat. Menjemputku bergabung dengan forumnya pada pertengahan 2005, subhanalloh, perkenalan dengan forum yang indah, ukhuwah yang begitu terasa dan sungguh berkesan hingga sekarang. Mengenalkanku dengan saudari baruku yang lain, dari Bengkulu, Ciamis, Denpasar, Kutai, Pontianak dan Tegal. Beliau selalu care pada adik adiknya. Pernah sekali ketika 2005, aku kehilangan haPe di mushola, saat itu aku begitu kecewa, aku belum bisa menerima ‘hilang ko di mushola’, malamnya beliau sms.. don’t say Ya Allah I have the big problem but let’s say Problem, I have the big Allah !!!. Tak terasa, ukhuwah itu terus terikat hingga sekarang. Ya Allah, terus rekatkan kami dalam ikatan cinta-Mu. Sekarang beliau sudah kembali ke Pontianak dan telah memiliki 1 putri yang begitu cantik .

Sekarang, ingin kembali kutanyakan kabar mereka, bu Diana, bu Masni, pak Ruslan, pak Nurhilim, pak Ikbal, bu Ayu, pak Urip, pak Hasto, pak Nandang, pak Syaf, pak Darmawan dan mbakku.. apa kabar kalian? Semoga sehat senantiasa. Untuk almarhum pak Iwan, selamat jalan Pak ..

Semoga suatu saat aku bisa mengikuti jejak kalian

Amiin.



28 comments:

desi puspitasari said...

Bien, merci ^^

ade mataho said...

je vous en prie

hurupnya rapat ya mba.. :)

zukhruf an Navis said...

mg tercapai keinginannya bu tuk ikutin jejak mereka..

ade mataho said...

aminn

2012 buu :)

zukhruf an Navis said...

knp lama bget..kagak skrg jah..or tahun dpan,,

ade mataho said...

ada yang mesti aku ambil dulu

2012 memang rencanaku sejak 4 tahun lalu

zukhruf an Navis said...

ohw..sukses buu...

azis rizki said...

terima kasih guruku

Yaufani Adam said...

guru yg masi kuinget ....
yg nampar aku waktu gak ngerjain PR ...

ck ck guru kayak gitu jaman sekarang udah dituntut tuh :))

ade mataho said...

:)
u too

ade mataho said...

:)

ade mataho said...

nampar ya ??

hmm ade juga ada siy pi bukan nampar
malah lebih sakit
pi gag usah diinget
inget yg baik2 aja hehe

Yaufani Adam said...

hehehe, di sumbawa kan gurunya gualak2 :D
klo di bima sih gak bgitu

Vatih Rosyadi said...

Sama... tp bukan karena ga ngerjain PR.

Melainkan karena aku dituduh maling. Gila.

Yaufani Adam said...

jyaahhhh kejem amat tu guru, dah tau ttg tabayun belon tuh :))? sd smp sma?

Vatih Rosyadi said...

Tsanawiyah... maen hakim sendiri.
Ga pake interogasi dulu.. langsung tabok...

hajaarrr bleeehhh...

Yaufani Adam said...

waduh, kejem amat

hayo mencuri hati anaknya pak guru yak? :))
kiding*
btw saya jg dulu maen tabok aja tu guru...
padahal aku anak baru lho ck ck ck

Vatih Rosyadi said...

jyahahaha... samaaaaa... persis.

baru selesai MOS (masa orientasi siswa).
beberapa hari setelahnya ----> Plaksss...

Guru paling serem yg pernah kutemui.... hihihihi...
sangar euy...

Yaufani Adam said...

yee mending klo mos, saya anak baru baru pindahan dr jawa om, gak ada acara pukul memukul mah di skul saya yg lama :D

Vatih Rosyadi said...

sd smp sma ?

Yaufani Adam said...

esdeeee ....

btw kita ngobrol d teras org yak? :D

Vatih Rosyadi said...

haha... apes nian anda pak..
kadang suka ketawa kalo inget masa-masa puber gitu
*emang sekarang masa apaan Fat?

masa-masa masih jaim, norak, caper2an... huehehe...

gapapa... sambil nungguin yg punya rumah dateng sambil bawa sekeranjang camilan plus teh-manis

Yaufani Adam said...

:D caw dulu yak, ada rapat bapak2 membahas polusi udara pabrik sebelah

Vatih Rosyadi said...

sama deh kalo gt...
ntar si empu biar bingung sendiri

ade mataho said...

ade mah dompu bukan sumbawa :p

ade mataho said...

ade mah dompu bukan sumbawa :p

rapat oMpu2 ya?

fatih
msk hlm org tuh ijin dlu, nti dkira maling lg lho, uppz
boro2 teh manis, gulany aja abis, blm gajian :p

Fitria Amathonte said...

amiiiiiiiiiiin

mba cita2nya jadi guru ya?

ade mataho said...

Mpit
thx
pngen ngajar
pngen bercerita
just that.. :d