Thursday, September 2, 2010

Mudik - cerita balik

Bismillah ^^

Bercerita tentang arus balik, jadi inget waktu balik ke Jogja tahun 2007.. *lagih

Entah gimana ceritanya, pesawat rute Bima Surabaya selalu saja penuh kalo ba'da lebaran. Karena ga kepikiran bakal pakai bis, jadi kami ga booking bis dari awal, sampai pada H-2 jelang keberangkatan, akhirnya diputuskan untuk pakai bis. Rute Dompu Mataram sudah penuh, adanya tinggal Dompu Jakarta, masih ada 17 seat, waktu itu aku sama ayahku yang pergi booking. Jadilah kami ambil tiket itu 2, rute Dompu – Surabaya saja. Yup, soalnya bis ini ga lewat Jogja, jadi kami berhenti di Surabaya. Kami berangkatnya malam, sekitar pukul 9 malam. Aku sama Meci diantarin ortu sampai terminal, dan ketika naik di bis, betapa kagetnya kami, di lorong-lorong bis sudah berjejalan karung-karung beras *berasa bukan perjalanan jauh ae*, noleh kiri kanan ga ada 1 pun penumpang yang kami kenal. Lihat situasi seperti itu, -naluri manusia-, perut kami udah mulai mutar2.. pusing euy. Sampai-sampai mama udah nekat aja bilang ke kami, ‘sudah berangkat minggu depan aja’.. Tapi aku sama meci lebih nekat lagi, kami tetap mau berangkat sambil berharap kursi yang masih kosong itu bakal diisi oleh penumpang sepantar dengan kami..

Dan benar. 10 menit dari terminal, bis berhenti tepat di depan rumah teman adikku.. Lha siapa yang naik ne, masa mereka juga ga dapat tiket ? kata adikku. Dan pertanyaan kami terjawab saat mereka sudah naik di bis, hhehhe teman-teman kami euy. 3 anak UGM, 1 UNY, 2 UAD, 1 UII, 2 UNIBRAW, 1 ITS, 2 AIRLANGGA, 1 IPB. Ada 13 orang, tambah kami jadi 15 orang. Koq bisa pada di sini ?, tanyaku.. dan jawaban mereka senada, ga dapat tiket jenggg…

Bayangan perjalanan yang bakal melelahkan akhirnya pupus, langsung berganti perjalanan ‘wisata’. Sudah ga berasa, kalo AC bisnya kurang berfungsi atau bau beras dan oleh oleh hasil alam yang di bawa rombongan Jakarta. Seruu..

Di Mataram, bisnya sempat stay lama.. sambil menunggu yang lagi sholat, kita milih-milih mutiara, karena yang beli banyak orang, jadi kami dapat murah ^^.

Gitu juga waktu nunggu penyebrangan Lombok Bali, beli kaos dan sarung Lombok, ya ampun 10ribu 1 lembar cing.. bagus-bagus pula. Karena beli banyak, kami dapat diskonan lagi hhehe. Alhamdulillah, buat oleh oleh.

Tapi ada kejadian unik juga, peraturan daerah Bali kalau memasuki wilayah mereka wajib menunjukkan KTP atau identitas yang sah. Pas giliranku, aku menunjukkan kartu ASKES, karena KTP dan kartu-kartu yang lain di koper atau di mana gitu *lupa*. Sama petugasnya, aku dlihatin.. terus nyeletuk “emang ini Rumah sakit, bla bla..”. Alhamdulillah lolos,, meski sempat muka tembok..

Di kapal, kami nyewa beberapa kasur/matras, istrahat di sana kadang bolak balik ke geladak, memandang ombak atau foto-foto. Benar-benar perjalanan menakjubkan hhe..

Di Surabaya, kami berhenti dan menyambung dengan kendaraan lainnya.. tapi sebelumnya kami sempat jalan-jalan dulu, melihat Surabaya yang polusi, dan nganterin teman kami yang dari IPB dulu ke Juanda.

Benar-benar perjalanan yang asyik, lelah tapi ga benar-benar lelah. tsaahhh

Sepakat dengan kata orang.. lelah ga lelah asal ngumpul ***

Emang rame-rame itu paling seru… ^^

Kalembo ade ^^

 

1 comment:

aisha chan said...

hihi
bisa pas gitu ya :D