Friday, March 20, 2009

tulisan sahabat yang kuculik... 'menginap dikos ade'

Buku Pergerakan?

Ternyata begini ya, rasanya tidak punya tempat tinggal. Hm… Luntang luntung ke sana ke mari, untung aja lagi punya duit.

Kemarin, minggu sore (6 Juli 2008) saya pulang dari t4 keponakan saya di Magelang. Sampai di Yk, baru ingat kalau kunci kamar saya ketinggalan. Hasilnya, semalaman saya hotspot-an di kampus karna gatau harus ke mana saya titipkan tubuh saya yang kecil mungil tidak berdaya ini (ZZzzzzz…).

Sampai sekitar pukul 2 pagi, saya betah-betahin browsing ini itu (yang sebetulnya tidak begitu penting). Akhirnya saya putuskan pergi karena para hotspotter lainnya juga sudah berkemas. Saya agak takut sendirian mpek pagi di situ. Bukan karena takut diperkosa, tapi saya lebih takut kalau laptop, handphone, dan uang  saya dirampas, trus habis itu diperkosa, lalu  dibunuh, dan endingnya dimutilasi (Hih,ngeri amat yak? Kebanyakan nonton Sergap ma Patroli).   Jadi, setelah menimbang-nimbang lama sekali, saya akhirnya memutuskan untuk berpagi (bukan bermalam lagi) di warnet. Kebetulan Mas Kamal jaga mpek pagi.

Bbrrrrrr.. Dingin sekali, jam segitu harus naik ke KM 14 (Jakal). Tapi akhirnya toh nyampek juga. Di situ, sampe pagi juga ga tidur, malah brows tentang cara diet dan olah raga di Forum Fitness Kaskus. Aduh, saya jadi tahu, ternyata selama ini pola hidup saya benar-benar jauh dari kata sehat. Menurut forum tanya jawab tersebut, katanya kalau kita mau sehat, kita ga boleh makan nasi dan goreng-gorengan. Boleh sih, asal digoreng pakai olive oil. Yang bener aja,,,?! Lalu apa kabar dengan mi ayam, makanan favorit saya? Katanya sih boleh, ya… seminggu sekali lah, sesekali boleh memanjakan diri. Huaaaammmm… kayaknya kalo saya benar-benar mengikuti saran yang ada di situ saya bisa kurus lagi deh. Tapi apa mungkin ya, sehari saya cuma makan sereal, susu, dada ayam, jus bayam atau jus buah tanpa gula, beberapa iris roti gandum, dan buah-buahan yang tidak manis. Aaaaaaa……. Bisa mati kurus saya, apalagi kalau disuruh makan putih telor buat menambah pasokan protein dalam tubuh kita. Duh, belum lagi suruh latihan kardio (maksudnya apa pula… hihihi) setiap hari selama 20 menit-1 jam. Duh, Jennifer Lopez aja bakal kalah seksi sama saya nanti.

Dengan adanya beberapa trik dan intrik saat itu, akhirnya saya putuskan harus kembali ke kos saya. Sesampainya di kos, saya baru mikir mau ke tempat siapa, untuk sekedar ngliep barang sebentar (6 jam, hehe). Setelah beberapa nomor saya hubungi (teman-teman banyak yang sudah hilang dari peredaran), akhirnya hanya Ade yang merespon positif. Kebetulan beliaunya sekarang nge-kos di Babarsari (sekitar 20 menit naik motor dari kos saya).

***

Buju buneng, ini kos apa tahanan ya? Di mana-mana yang ada, kos kan tingkat yah, bahkan ada yang mpek lantai 3, jadi kalo pas Jogja diguncang gempa mending mluncat aja, hehe. Lah ini kos barunya Ade aneh bin ajaib. Bawah Tanah! Duh duh, ini kalo ada gempa bisa-bisa tertimbun gak kewenangan.

Suasananya sih enak nggak enak. Dibilang enak, ya karena cukup luas, bersih, dan tenang. Konon katanya belakangnya adalah sungai. Saya agak tidak percaya, sampai akhirnya saya naik ke amben (ranjang) dan berusaha membuka jendela mati yang posisinya emang agak tinggi. Ade melarangnya, karena dimungkinkan nanti banyak debu. Saya berdalih, cuma penasaran aja kok. Dengan enteng Ade menimpali, “Aku aja yang dah di sini dari kemaren-kemaren gak penasaran…” Ya sudah, saya akhirnya turun lagi. Tapi bener loh, kalau belakang situ adalah sungai. Emang pas saya baru dateng tidak ada tanda-tanda yang membuktikan bahwa itu sungai. Tapi siangnya, pada waktu saya tidur, ada suara air gemercik. Tidak terlalu deras sih, tapi saya dah lumayan percaya. Lebih percaya lagi setelah malem tiba. Sampai pada saat saya mengetik tulisan ini (pukul 2:28), bunyinya tu kwenceng banget. Mungkin alirannya lagi deras kali ya, jadi suaranya lebih mirip kaya air hujan. Ya, kaya aliran sungai yang airnya deres gitu lah. Duh, serasa di film Indiana Jones aja, tidur di samping sungai. Habis kayaknya tu bunyinya deket banget. Kaya di balik tembok ini persis. Dan sampai detik ini, saya masih penasaran tu sungai bentuknya kaya apa.

Nggak enaknya.. (1) Nggak ada sinyal, cuma sesekali numpang lewat aja. Ya iya lah, bawah tanah gitu lo.. (2) Sepi banget, sampai bingung ini masih alam manusia apa bukan, jangan-jangan saya keselong dedemit. Hussss!!! (3) Peralatan electricity-nya: huh nggak banget deh. Nggak ada colokan, ada colokan pun nggak bisa nge-charge (kudu dipegangin). Kayaknya sih bolongannya kelebaren. Masa iya chargernya yang ga standar? Dari 3 bolongan, kondisinya sama aja. Ffffhhh… (4) Toiletnya ga bisa dikunci. Tapi bersih si, jadi ga masalah-masalah amat, lagian kan cuma kita berdua yang tinggal di bawah (dari 3 kamar kos, 1 gudang, 2 kamar mandi dan 1 dapur). Lebih ngeselinnya lagi ini nih. (5) anak pembantunya tu ngintilan banget (red-suka ngikut). Percaya nggak percaya, pas sore-sore kita mau cari makan, tu anak dah dimandiin ma ibunya, didandanin, dibedakin, dikucir dua. Sebelumnya dia disuapin di tangga turun sambil nonton tivi ma kita-kita. Entah sengaja atau enggak, begitu dia tahu kalau kita mau pergi, tu anak (ya 2 th-an lah) udah stand by di atas. Ade dah bisik, “Duh entar tu anak pasti ngikut kita..” Tadinya sih ga mudeng. Tapi setelah naik ke atas, Mak…. Duh sebel deh. Mana anaknya ga cute kaya ponakan saya lagi. Diem pula. Ya terpaksa deh. Padahal tadi saya dah sempet nolak ma ibunya, kita mau jauh. Tapi tu anak ngambek, banting pintu keras banget sambil masuk ke dalem rumah. Jegerrrrr. Duh, kurang ajar bener. Akhirnya, kita berdua jalan sambil nenteng tu makhluk. Fffffhhh, merepotkan saja. Ibunya tuh yang seneng, meringis, begitu tahu kalau  kita jadi ngajak si anak itu. Dia bisa sante-sante.

Ada enak pasti ada gak enaknya. Eh selidik punya selidik, ade --buku tentang pendidikan--nya tuh banyak banget loh. Dari mulai buku tentang kurikulum, cara menjadi guru yang baik, accelerated learning, sampai buku pergerakan juga ada. Hahaha. Saya ngintip-ngintip nih mbukaknya. Tapi saya rasa Ade ga bakal keberatan kalo saya baca buku ini nih : Profil Kader Partai Keadilan Sejahtera. Duh, tau sendiri lah, saya paling benci hal-hal yang berbau politik, (at least saat ini). Lah ini kok saya bisa tertarik yah? Setelah saya baca daftar isinya, saya langsung tertarik untuk melihat isinya. Ternyata benar. Tu buku Excellent banget deh. Sebenarnya sih, kalau menurutku gak Cuma buat Kader  PKS. Tapi untuk orang-orang yang pengin hidupnya lebih baik, dia wajib baca buku ini. Nanti kontennya bisa disesuaikan. Mau tahu dalemnya? Ini nih kurang lebihnya :

Indikator Kemandirian Keuangan :

1.       Bekerja dan berpenghasilan

2.       Mendirikan badan usaha meskipun kecil

3.       Melakukan investasi

4.       Menabung (hal 13)

Wah, dari keempat point di atas, point mana ya, yang belum saya penuhi. Hehe, kayaknya 75% belum saya lakukan. Saya jadi mikir nih, saya sudah mandiri dalam kategori keuangan apa belum ya? Pastinya, belum banget.. Duh, saya dah bekerja, kadang-kadang. Sehingga kadang-kadang pula, saya baru berpenghasilan. Selebihnya, saya masih nyadong sama ortu. Hehe, jadi malu nih. Ayok, Piet… mulai bangkit. Kalau point pertama sudah dilakukan, selebihnya point ke-3 dan ke-4 bisa dilakukan, asal kita niat dan sungguh-sungguh. Tapi point yang ke-2 itu loh, yang agak berat. Ga cuma niat, tapi keberanian untuk memulai, keuletan dalam menjalankan, dan kegigihan untuk mempertahankan / mengembangkan juga harus punya. Tuh sulit banget kan?  Huwehuwe, kapan yah, semua point bisa terlaksana?

Indikator Kokoh Jasadiyah

1.       Menjaga penampilan

2.       Berolah-raga minimal 20 menit setiap hari

3.       Melakukan general check-up minimal sekali setiap tahun

4.       Menjaga kebersihan

5.       Mengikuti pola hidup sehat dalam mengonsumsi makanan dan minuman

Bagaimana ituh? Wah, saya masih jauh banget dari kategori sehat dan indah. Lihat saja, dengan tinggi badan saya yang tidak sampai 160 cm (Alhamdulillah…), saya memiliki bobot 61 Kg. Aduh aduh, buat jalan jauh aja menggeh-menggeh. Kira-kira karna apa ya? Kayaknya sih karena : (1) Saya suka makan apa saja (terutama mi ayam dan semua jenis masakan Jepang). Kalau saya pengin ini, ya saya makan ini. Nah, mungkin pola makan saya sudah seharusnya dirubah, kali ya?! Yang lebih parah lagi, habis makan biasanya saya tidur. Hehe. (2) Saya jarang olah raga, juga nggak pernah puasa. Ummm, dua puluh menit ya? Bisa nggak ya? Mmmmm, senin ma kamis yah? Masa tujuannya buat nurunin BB, duh, ga adil banget ya sama Alloh.. (3) Tidur saya tidak teratur. Nah ini yang sulit. Malam adalah waktu bagi saya untuk bisa menggali otak saya. Kalo siang…? Beuh. Jangankan mikir. Pokoknya kalo ketemu sama temen-temen, itu waktunya buat ngubrul. Kalo di kos mah, waktunya buat miceq, huwehuwe, maaf kasar. Habis kalo dah tidur saya tu bener-bener kalap. Habis subuh tidur, bangun paling gasik tu jam dua. Lah, jam dua siang tu kalo ngampus bakal dapet apa? Ruang dosen aja ditutup jam dua kurang lima menit. Nah lo, kapan mau lulus? Hihi.

Itu baru berat badan. Belum penampilan ma kebersihan. Aaaaaaaaaaa… saya jarang mandi, mandinya jamak terus, males nyuci baju, kalopun udah dicuci, nyetrikanya kapan-kapan. Wah, saya jadi keingetan kondisi kos saya. Duh, saya ingin secepatnya ke Magelang lagi, ngambil kunci. Besok sore ah. Saya pengen cepet-cepet bersihin kos saya, biar ga kaya sarang gandarwo. Hikz.

Saya jadi pengin baca buku tadi lagi. Itu baru sebagian kecil. Di buku tersebut cakupannya luas banget, mule dari bagaimana menjadi individu yang baik, warga masyarakat yang baik, sampai menjadi umat yang baik. Ntar deh, kalo sempet saya tulis lagi. Sebenarnya saya takut, jangan-jangan yang bikin buku marah, karna saya mengutip isinya tanpa ijin, apalagi membayar royalty. Tapi saya kira Beliau juga akan maklum, toh dalam buku tersebut ada yang menuliskan tentang berdakwah. Lah ini juga termaksuk dakwah kecil-kecilan, betul tidak…?

 

53 comments:

desi puspitasari said...

duit memang selalu menyelesaikan masalah... meski tidak semua

desi puspitasari said...

hiyahahah... kayanya ini penyakit khas anak kos ya, De.
nikah, aah... biar sembuh. hehe

zukhruf an Navis said...

panjang amir nih crita de??

ade mataho said...

bisa ya bisa ga...
palgi klo da mpe kentungan trus ga dpt angkot nuju UII,, deuhh

ade mataho said...

hoho...
padhal yg nulis da nikah lho mba.. cm beda kos aja ma suaminya.. (hehe sorry buka kartu :d)

ade mataho said...

ya buu..
tapi lucu.. ni dia nulis tanggal 18-08-2008.. angkanya canggih ya :)

desi puspitasari said...

ade kosnya di babarsari ya? besok sabtu ke earth cafe yuuk... ketemuan.

Tanto Dikdik Arisandi said...

kok ini kayak tulisan saya ya? hehe

Wicak yuhuuu said...

hohoho.....baca bukunya lagi ah....

btw, sama sama erornya ya de??...sama ade.. =))

ade mataho said...

wah dekat tuhh.. tp skrg da pindah.. padahal kosnya nyaman bgt cm rada jauh dari akses mana2..
skrg daerah klebengan,, dkt lapangan..
yukz.. ketemu dimana gt..

zukhruf an Navis said...

canngih dr sudut mana??nih anti dah pulang blm??katanya mau pulkam??

Tanto Dikdik Arisandi said...

kamu kos di bunker, De?

ade mataho said...

tulisan or kebiasannya.. hoho

ade mataho said...

baca lah.. biar dirimu g ikutan error.. :))

ade mataho said...

ga cerdas nih.. liat dong hoho

ga dpt tiket buu,, plus blm diijinin ma simbah yg dijogja.. aihh...

Wicak yuhuuu said...

ane mah gak eror...ade noh, sama tanto eror *hahaha* >:)

ade mataho said...

hehe.. persisnya di sel bwh tanah.. tapi seru banget..
sinyal yg T-O-P cm as dan telkomsel...
lainnya siap2 mati suri :)

desi puspitasari said...

hiyaah... aku tahu daerah ini. daerah kos2an yang sodaraan ma blimbingsari--banyak benget rumah yang dijadiin kos2an. aku sering di sego macan, de, tiap minggu malem

ade mataho said...

sip betul banget.. smpe jogja tambah panas ajj..
sering di sego macan yakz.. dekat bgt tuh..
mang dirimu kos dmn mb..
sagan kah? :d

ade mataho said...

ya elah ga kebalik tuh...
antum ma intan tuh yg error wkwkwkwk :P

Lisda Fauziah Harahap said...

Baca lagi buku PKS lain ya.. Barakallah!

desi puspitasari said...

terban.
tapi hobiku celamitan pergi kemana-mana :D

Wicak yuhuuu said...

*mode menyelamatkan martabak ane dari mba desi*

ade mataho said...

hmm... yang mana ya.. :)

ade mataho said...

ooo... dekat mirota yakz..
*celamitan,, baru dengar :)

ade mataho said...

mie ayam tuh enak...

ade mataho said...

kos ini memang rada unik... ada 4 lantai.. tapi kamarku paling dasar.. basement gitu.. dari 3 kamar cm dihuni ma 2orang.. berasa camping aja soalnya masing2 kamar da disediain tipi 21 inch++ hehe suasananya adem trus sepi.. ibu kosnya ramah.. cuma sayang rada jauh dari kampus plus akses-akses yang lain.. coba gitu.. mungkin aku bakal betah di sana...

intan aja said...

bawa-bawa nama ane!!
bayar royalti!
nama orang cantik dipajang-pajang!

ade mataho said...

humm..

orang cantik yakz...

yaiyalah.. masa orang ganteng ^^

intan aja said...

awass!
jangan sebut kata ganteng!
ntar ka tanto narsis lagi, hehehe..

yaiyalah cantik,, Intan gitu, hohoho..*apaan seeh??*

ade mataho said...

hehehehe...

kirain,, awas ada anjing galak bernama ***** :)

cantik cantik... subhanalloh.. intan cantik banget :)
*belum pernah ketemu kalii

intan aja said...

ha?
ada anjing galak bernama wicak?
ha?
tanto?
iih, ka ade, ga boleh ngatain gitu kaa,,
(yes! sama-sama 5 huruf! hahaha!!)

intan aja said...

iya kaaa,,
aku tau kok,,
maksih,, makasih,,
*blusing*

ade mataho said...

wah tan.. jangan gitu ah..

pake 5 bintang aja..

kasiannn :P

ade mataho said...

aneh..

mrngingatkan pd seseorang..

hobbynya blushing mlulu :)

intan aja said...

oh iya yah, ntar edit deh,,

*tapi males, hehe*

intan aja said...

aku juga ingat.
memang dia tuh,
andalannya blushing..
hohoho..

*toss*

ade mataho said...

* kurestui kemalasanmu anak muda :)

ade mataho said...

lagiii

*toss*

intan aja said...

ohaho,,

toss sekali lagi dapet piring cantik nih,

hahaha..

afitz almanfaluthi said...

iya...km itu lho....sok aktivis....
pelupa pula....lengkap deh! komplikasinya

ade mataho said...

deuh fitz,, kau memang teman sejati..
ma'rifah banget ma daku :))
yuk,, kapan2 silaturahim ke kos itu lagi yuk.. ak kamu lisa
sebenarnya enak tinggal di sana,, tapi jauh dari akses apa pun
kasian kamu,, pagi2 aku sms suruh ke kos cuma minta bantaun motocopy wkwkwkwk
thx bro !!

ade mataho said...

cuma piring ?

aquarium dong,, yang flat :)
*ngarep

intan aja said...

mmh,,

rendang, martabak sama duren ajah..

hahaha..

(dijamin ka ade gak ngarepin makanan yang paling terakhir disebutkan, hohoho)

jadi toss ga nih?
hahaha...

ade mataho said...

benar-benar.. proses ta'aruf kita lancar.. dinda sudah ma'rifah :))

toss ?? jadi dong hahahaha

intan aja said...

siiiph!
jadi kapan walimahannya?
hakshakshaks..

*toss*

*dapet martabak duren ama rendang*
.
.
*yes!*

ade mataho said...

lho 090909 kan..


undangan da siap euy.......

intan aja said...

ooh,,

ama sapa ka?

ciweeeeeeeeee...

ade mataho said...

wah dek

ko tanya lagi

da tw kn..

Hoh

ade mataho said...

wah dek

ko tanya lagi

da tw kn..

Hoh

ade mataho said...

wah dek

ko tanya lagi

da tw kn..

Hoh

ade mataho said...

wah dek

ko tanya lagi

da tw kn..

Hoh

Fitria Amathonte said...

Mbak ade pindah kos lagi?