Sunday, August 23, 2009

Ramdhanku,, memoar 1990-2009

Bismillah,,

Ramadhan datang,, hati pun riang.. :)
Alhamdulillah, kembali bisa merengkuh Ramadhan.
Semoga bisa lebih baik dari tahun kemarin.. amiin

Ramadhan,,
ada beberapa catatan indahku tentang Ramadhan, yup dulu aku hanya rajin waktu Ramadhan tiba, setelah itu kembali ke habitat awal. semoga sekarang berubah untuk lebih baik, amiin.

1. Puasa
kalau ingat-ingat waktu kecil, aku mulai puasa tuh kelas 1, masih nyoba 1/2 hari dulu :), dan baru ngerasain puasa full waktu kelas 3 *telat ya??*, itu juga mesti diselang sehari karna fisikku yang masih lemah *katanya*
Ini nih prestasi puasaku zaman SD
kelas 3 SD, .. aku bisa puasa full 2 hari sekali,, alhamdulillah dapat 15 hari.
kelas 4 SD, .. puasaku bertambah jadi 24 hari, pengennya 30 tapi maagku... :(
kelas 5 SD, .. my unforgetable moment,, aku merasa sebagai manusia sehat seutuhnya, aku bisa puasa 30 hari full hhe
kelas 6 SD, aku bolong 9 hari karena sakit typhus.

2. Tarawih
tarawih, adalah sholat yang berkesan buatku.. tanya kenapa ?
waktu kelas 1 dan 2, aku rajin tarawih ke masjid, berangkat bareng kak Imas, dia tetanggaku yang masih kelas 1 SMP. dari rumah, kita sudah janjian buat berdiri sampingan trus kak Imas mesti baca rada keras terutama bacaan sholat waktu ruqu' dan sujud. seingatku, aku hanya bisa hafal Al Fatihah, 3 surat pendek dan surat Al Baqarah 1-12. 5 surat ini yang menemaniku hingga kelas 3 SD.
entahlah, memoryku ga bisa mengingat kalau aku pernah berangkat ato sholat bareng dengan ortu waktu itu *maafkan anakmu ini*.

tahun berikutnya, kelas 3 SD, aku sudah pindah rumah, otomatis tetanggaku bukan kak Imas lagi. seperti ada dorongan dasyat; aku ga ingin melewatkan suasana tarawih, aku mesti hafal bacaan sholat, pikirku waktu itu.
alhamdulillah, 5 buku paket yang dibelikan mama ada buku Agama Islamnya.
aku masih ingat tulisan di sampul depannya, Agama Islam untuk kelas 3 suplemen kurikulum 1994 terbitan PT. Intan Pariwara, cover bukunya berwarna pink, font 13 comic sans *hurufnya bulet dah*.
dari buku itu, akhirnya aku bisa belajar dan hafal bacaan sholat. ejaan latinnya aku tulis di papan kecilku, masih blakcboard trus aku pasang persis depan kiblat.
seingatku, aku ngelakuin semuanya sendiri.
alhmadulillah, Ramadhan kelas 3 akhirnya aku bisa hafalan sholat


3. TPA, Taman Pendidikan Al Qur'an.
kalau habis jum'atan aku suka ke masjid Ar Rahman (masjid raya di tempatku), bertemu dengan Tua Ato (imam masjid di situ yang masih kakak kandung nenekku). aku sering tanya, TPA itu ngapain aja, tiap hari apa ?. yup, dulu aku hanya lihat papannya saja tapi ga pernah lihat kegiatannya.

sebenarnya orang tuaku pernah mengantarkanku ngaji ke tempat Ua Ia (almh), aku cuma bertahan 3 hari, karena ga bisa menerima metodenya yang langsung mengajarkan tartil, sedangkan aku ga bisa baca tulis.
begitu juga di tempat Kak Arif, ustdz muda lulusan IAIN Makassar, aku ga sampe 1 bulan, karena di sana aku langsung disuruh baca + hafal surat Al Imran.
pernah juga, didatangin guru ngaji, yang dikemudian hari aku tau, beliau seorang ahwat :), kurang dari 1 minggu, semuanya gagal sempurna :(.

sampai waktu kelas 4, pamanku (adek mama) pulkam dan memboyong serta istrinya. subhanalloh, dari sinilah 6 jilid "kitab suciku" yang hampir berkutu dimeja belajar akhirnya terpakai juga. aku belajar iqro', penonton.
aku belajar dari istri pamanku, aku biasa manggil bibi Nur, cantik seperti namanya, dulu aku suka jahil tanya "cantik tapi ko ditutup cadar hhehe".
saking semangatnya, aku ngajak teman-temanku juga, si Eti dan Deddy dan ga ketinggalan adekku sendiri. aku ga pengen dia telat ga bisa baca qur'an sepertiku.

ya, berbekal hasil 'belajarnya' waktu di Unisba, bibiku akhirnya bisa mengajarkan kami dengan baik sekali, quantum learning, ga kurang 1 bulan aku sudah menamatkan 6 jilid iqro' itu. prestasi yang luar biasa bagiku sendiri.
kelas 4, aku lega, aku bisa baca Al Qur'an :).

liburan catur wulan 1 kelas 5, aku minta dititipkan ke pondok di Lombok, namanya Pondok Pesantren Al Banna *ting ting ting*. di sini, aku diajarin macam-macam sholat, ikut kajian dll.
yang jelas salut buat bibi Nur, kebetulan beliau pengajar disitu juga.

alhamdulillah hikmahnya banyak banget, selain untuk jagka panjang juga sangat berguna beberapa bulan kemudian. jadi pas liburan kenaikan kelas 6, waktu itu aku ikut dua lomba yang masing-masing dikarantina selama 6 hari di asrama, satunya di Cibubur satunya lagi di Mataram, session IMTAQ, aku selalu masuk 3 besar hehehe.

yup Ramadhan selalu membawa berkah.
tahun 1997, adekku paling bungsu lahir. laki-laki, namanya Raihan Ibrahim Annas.
1997 ini, benar-benar metamorfosaku..
aku mulai nyicil baca-baca lagi kisah 25 nabi, menghafal doa-doa pendek, membeli poster huruf hijaiyah dan ejaannya, buku agama kelas 3 ku itu aku cari lagi di bufed buku-buku lama, aku ganti covernya dengan kertas yang baru, aku suka mengkliping kisah tokoh-tokoh Islam yang menurutku luar biasa waktu itu, termasuk tuh Saddam Husein, Yasser Arafat, Nurcholis Majid, Amien Rais, Toto Soedarto dan Taufik Ismail sampai kisah-kisah para pejuang Islam seperti Kahar Muzakar dkk. yang aku ga pernah koleksi adalah K.H. Zainuddin MZ, dalam pikiran kanakku, beliau sudah 'salah' karena cincin-cincin dijarinya, cowok kan ga boleh pake emas :). adekku ga terlalu perlu mengenal dia, *jahat ya ??*
aku belajar ensiklopedia Islam semampuku,,
motivasiku hanya satu, MY LITTLE BROTHER.

aku ingin ketika dia dalam masa 'pertumbuhan' aku mesti jadi orang terdekatnya selain orang tua.
dari dia kecil, aku sudah nanamin ketauhidan semampuku, pas adzan di TV aku pasti nyetel kencang, biar dia mendengarnya, pikirku. aku menirukan doa sesudah adzan di telinganya, membisikkan surah An-Nas sesuai namanya, menyenandungkan sholawat dll.
ya hal-hal kecil itu sudah aku lakukan sejak dia dalam hitungan bulan, meski saat itu aku ga pernah berani menggendongnya, tapi aku tetap betah berlama-lama dikupingnya.
yup, bisa dibilang dia obsesiku, aku ga ingin dia seperti aku kecil.
dan satu hal yang aku syukuri, orangtuaku seperti sudah mempercayakan semuanya padaku, meski waktu itu aku baru kelas 1 SMP.

ketika usia adekku mulai beranjak 3-4 tahun, aku orang pertama yang membelikan dia baju sholat, duitku sendiri pula, kalau ga salah hadiah dari majalah Andika hhehe.
mengajak dia ke masjid, ke pantai dan tempat-tempat yang memang pantes dikunjungin.
beruntung, saat itu ada lagu-lagu nashid anak kecil, Dhea Ananda, Sakha dll dan itu sangat membantuku bila keluar pertanyaan dari filsuf cilikku.

yup,, sekelumit kisah, yang semuanya berawal dari Ramadhan..
bismillah, aku percaya semuanya akan berujung pada kebaikan. amiin









4 comments:

Tanto Dikdik Arisandi said...

saya full puasa juga kelas 3. hehe...

ade mataho said...

weh,, ada juga ya :D

AMiFa Santoso said...

nice sharing :)

ade mataho said...

makasih ^^

kenken kabare ??