Monday, November 29, 2010

Panggil Aku Cindy Saja *

Bismillah ^^

beberapa minggu yang lalu, seorang adik yang juga adalah sahabatku mengirimkan sms dalam bahasa jawa, isinya dia akan menikah. aku orangnya cukup mellow untuk beberapa hal, dan ketika membaca sms ini, lagi.. aku merasa terharu. subhanalloh, dia akan menikah.

aku teringat dengan Bapak 'begitu biasa aku memanggil ayahnya, beliau telah berhasil mengantarkan ke 6 orang anaknya dalam sebuah mahligai rumah tangga, dan ini adalah yang bungsu'.

 

tiba pada tanggal yang dinanti, 28 November 2010, ahad pagi yang begitu indah. di halaman rumahnya di daerah Rejosari Kudus sudah ada tenda biru berbalut putih dan tampak saudara-saudaranya mengenakan kebaya merah dan jas abu persis sama dengan jas yang dikenakan Bapak.

jam 10.15 rombongan keluarga laki-laki datang dengan segenap hantarannya, yang unik ada beberapa hantaran berupa puzzle dan alat permainan edukatif lainnya, rupanya sang perempuan memimpikan ada playgroup gratis di rumahnya kelak, seperti taman baca bersama yang dia rintis sekarang. subhanalloh, dia sangat mencintai anak kecil, memiliki sebuah sekolah alternatif yang mencerdaskan, dan memerdekakan plus tidak jumawa adalah mimpi mulia yang terus berusaha disemaikannya. 

alunan sholawatan mengiringi proses akad nikah berbahasa Arab itu. dan alhamdulillah, barokalloh.. akhirnya adikku CINDY RIZKA AMALIA resmi menjadi nyonya Nanang a.k.a Arif Rahman.

tanpa menunggu proses keluarnya pengantin perempuan, aku dan 2 orang kawan langsung menemuinya di dalam kamar. di sana, kami melihat dia sudah berganti dengan kebaya merah yang begitu anggun. 'Ka ade, cindy udah menikah', setengah berteriak dan menahan haru dia menunjukkan cincin di jari manisnya. 'Cindy,, barokalloh ya Cin'.. dan proses ini di-cut karena Cindy memang masih harus dirapikan riasannya. http://images.multiply.com/common/smiles/smile.png


Cindy, sebuah nama banyak cerita. Aku mengenalnya ketika OSPEK, kebetulan aku jadi pemandu gugusnya. Belum 5 jam saling mengenalkan nama, tapi kami sudah seperti kawan lama, memang cerewet juga. Aku tahu tempat mainnya semasa kecil, keluarganya,  jenis buku kesukaannya, hingga mimpi-mimpi dia untuk ke depannya. Dan kemarin ketika ada di rumahnya aku kembali teringat akan kisah-kisah sebelumnya. 

Saat keluarga dan undangan foto bersama, aku sempat menengok perpustakaannya. Ada banyak buku, semua koleksi pribadinya Cindy, ada juga kamus berbagai bahasa. Yang menarik, aku melihat ada celengan kecil yang bertuliskan 'UANG DENDA'. Menurut Cindy, ada nilai kejujuran di sana, karena denda itu bagi yang 'merasa' mengembalikan buku lewat dari tanggal yang ditulisnya sendiri. Taman baca ini terus berjalan dan sejujurnya saya ingin mengajak teman-teman MP-ers buat ikut berbagi buku di sini,insya Allah bisa jadi ladang amal kita di daerah Sunan Muria Kudus ini :).

 

Di luar rumah, tampak beberapa undangan sedang menulis kesan dan pesan di atas kain putih polos, aku juga ikut menulis.

Akhirnya, seperti sajak 'NYANYIAN KEPADA PEREMPUAN' dari seorang ayahnda 'Suminto A. Sayuti' Dekan yang selalu di hati

"... aku adalah lelaki dan engkau pun perempuan

Kita adalah sudra yang membangun kemah hunian

di tepi belantara... "


selamat menempuh hidup baru, terimakasih untuk souvenir tanaman jati ini, selamat berbagi dan dolanan dengan anak-anak Rumah Baca Bersama yang tak lagi sendiri. dan semoga suatu saat bisa kembali menengok Cindy dengan keluarganya dan juga pohon Sukun di halaman rumah Cindy 

21 comments:

Pemikir Ulung said...

menarik banget hantarannya

*pengen dapet hantaran mesin jahit* hahaha

ade mataho said...

hhe
aya2 ae ki..
emang masih bisa liat lubang jarum nek ?? :P

ade mataho said...

diriku apa ya,,
hhe ada deh...
*padahal mang belum kepikiran... :D

Pemikir Ulung said...

mba ade ketinggalan jaman nih..kan ada alat yang namanya "mata nenek", itu dibuat khusus untuk membantu nenek-nenek yang kesusahan masukin benang ke jarum

beneran ini..

Pemikir Ulung said...

aku juga tadi asal nyeplos aja ko :p

ade mataho said...

ohohoho
yang ini percaya nek,, iya2 emang ada..

tapi kan,, mestinya nek ludi bs jaga kesehatan,, ojo pake alat itu lah.. hhe

ade mataho said...

kirain beneren :P

Pemikir Ulung said...

memanfaatkan teknologi tak ada salahnya, biar yang bikin dapet pahala :D

Pemikir Ulung said...

kalo dikasih ya ga nolak :D

Pemikir Ulung said...

mungkin perlu cari cucu baru yang bisa bantuin ngerawat :p

ade mataho said...

ngeles :P

klo masih normal ga usah aja,, dr pd ribet
*yang bikin g da dsini kan.. :D

ade mataho said...

ada neh,,
tulisan mesin jahit :D

Pemikir Ulung said...

ho oh..
abis..itu salah 1 daari sedikit keahlian saya :p

ade mataho said...

kasian
udah ditinggal menjadiyanglebihbaik ya..
*tu id panjang bener

ade mataho said...

lainnya??
*njaluk mangga.. :D

Pemikir Ulung said...

cucu sibuk..
iya panjang, makanya sebutnya menjadicucubaik aja, agak lebih pendek sedikit

Pemikir Ulung said...

ssst...jangan diumumin disini..bisa turun pasaranku
nanti yang mau ngasi mesin jahit jadi ilfill

hehehehe

Margono M. Amir said...

Wah, selamat buat Cindy.
Ngomong-ngomong tentang perpustakaan, saya lagi nyusun naskah yang berjudul: "Panduan Komputerisasi Daftar Buku".
Kalo dibukukan laku kagak ya?
Saya kasi penjelasan step by step berikut ilustrasinya.
Software yang saya anjurkan digunakan untuk itu adalah MS Access yang jarang orang pergunakan.

aziz rizki said...

cindy keren

kalo aku may hantarannya DSLR :p

ade mataho said...

udah disampaikan Opa :)

subhanalloh,, masih semangat menulis buku..
insya Allah Opa,, mungkin bisa memilih diksi yang pop di kalangan pembaca,, biar g rumit n jelimet banget mikirnya ^^

ade mataho said...

hmm
DSLR ??
belum dilist hhe